Detail Info Terkini

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Saham?

20 Juni 2022 | Kategori : Saham

Salah satu hal yang mempengaruhi keuntungan dalam berinvestasi dengan berbagai macam instrumen yaitu waktu yang tepat untuk membeli saham. Sehingga bagi para investor, mempelajari hal-hal penting sebelum terjun dan menjalankan investasi merupakan poin utama yang perlu dilakukan pertama kali.

 

Waktu yang tepat untuk membeli saham juga menjadi bagian utama dari strategi dalam berinvestasi. Sehingga hal tersebut yang kemudian menjadi pengetahuan dasar yang perlu dimiliki oleh setiap investor yang terjun di dunia investasi saham.

 

Selain itu, seringkali investasi saham diibaratkan sebagai kegiatan menanam pohon. Sehingga Anda perlu memahami dengan baik setiap langkah yang perlu diambil agar kegiatan yang dilakukan bisa menghasilkan buah yang banyak dan mendatangkan keuntungan yang maksimal.

 

Tidak hanya itu, waktu yang tepat untuk membeli saham juga bisa menggunakan analisis fundamental dan analisis teknikal. Lebih tepatnya, Anda perlu memahami dengan baik analisis fundamental sebelum membeli atau menjual aset saham yang dimiliki.

 

Analisis fundamental yaitu salah satu analisis saham yang mengacu pada pendekatan terhadap suatu kondisi politik, ekonomi dan tren perkembangan bisnis terkini. Sehingga analisis yang satu ini biasanya dilihat dari laporan keuangan terbaru.

 

Namun, beberapa perkiraan waktu yang tepat untuk membeli saham juga tidak bisa dijadikan sebagai patokan utama. Karena beberapa faktor dapat mengecoh analisis yang Anda gunakan sehingga memiliki kemungkinan adanya kerugian seperti halnya faktor sentimen pasar.

 

Perkiraan Waktu yang Tepat untuk Membeli Saham bagi Investor

 

Bagi para investor, mengetahui beberapa kemungkinan waktu yang tepat untuk membeli saham sangatlah penting. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui kapan waktu yang tepa untuk membeli aset saham yang baru.

 

1. Setiap Kuartal

 

Rekomendasi pertama waktu untuk membeli saham yang tepat yaitu setiap kuartal. Hitungan waktu kuartal untuk pembelian saham bisa Anda lakukan setiap 3 bulan atau sebanyak 4 kali dalam setahun.

 

Rekomendasi waktu pembelian saham yang dilakukan setiap kuartal memiliki beberapa alasan. Yaitu untuk membangun kebiasaan dan komitmen dalam berinvestasi agar bisa dilakukan secara teratur sekaligus konsisten.

 

Selain itu, alasan lainnya karena setiap perusahaan yang memperjualbelikan sahamnya di Bursa Efek Indonesia wajib merilis laporan keuangan terbaru. Yaitu dalam kurun waktu 3 bulan sekali atau setiap kuartal seperti rincian waktu perilisan laporan keuangan berikut ini.

 

  • Tanggal 1-30 Maret pihak perusahaan akan merilis laporan keuangan dengan masa kinerja perusahaan sejak bulan Oktober - Desember
  • Tanggal 1-30 April perusahaan akan merilis laporan keuangan dari masa kinerja perusahaan sejak bulan Januari - Maret
  • Tanggal 1-30 Juli perilisan laporan keuangan yang dilakukan untuk masa kinerja perusahaan sejak bulan April - Juni
  • Tanggal 1-30 Oktober laporan keuangan untuk masa kinerja perusahaan bulan Juli - September

 

2. Membeli Aset Saham saat IHSG mulai Rebound

 

Kemungkinan waktu kedua yang bisa Anda gunakan untuk membeli aset saham baru yaitu ketika IHSG mulai rebound. Rekomendasi waktu yang satu ini tidak dapat Anda prediksi atau perkirakan karena siklusnya bisa terjadi kapanpun juga. 

 

Biasanya di Bursa Efek Indonesia, nilai IHSG tidak selalu mengalami kenaikan. Bahkan, keadaan IHSG suatu aset saham bisa saja terjadi karena alasan yang bermacam-macam. Sehingga Anda perlu memastikan jika aset saham tersebut berada di saat IHSG mulai rebound.

 

Oleh karena itu, tindakan paling tepat yang perlu Anda lakukan yaitu menunggu dan memperhatikan kondisi pasar saat IHSG mengalami penurunan grafik. Kemudian, Anda bisa mulai membeli saham ketika IHSG mulai mengalami kenaikan lagi.

 

3. Melakukan Pembelian di Awal Penjualan

 

Rekomendasi waktu yang ketiga untuk membeli saham dengan tepat yaitu ketika awal penjualan. Pada umumnya di saat pagi hari ketika pasar saham baru saja dibuka, harga saham cenderung mengalami penurunan dan kenaikan yang cukup cepat.

 

Tidak hanya itu, IHSG saham juga seringkali mulai mengalami technical rebound atau cenderung hijau ketika pagi hari. Namun kondisi tersebut biasanya terjadi saat beberapa hari sebelumnya mengalami penurunan dan kondisi pasar saham sedang dalam keadaan normal.

 

Bahkan bagi sebagian investor handal dan berpengalaman menggunakan waktu di 15 menit pertama setelah melakukan opening bell untuk menjual ataupun membeli saham. Terutama dalam kurun waktu 9.30 sampai dengan 10.30 a.m yang menjadi waktu perdagangan harian terbaik untuk para investor bertransaksi.

 

4. Transaksi Pembelian di Akhir ataupun Awal Tahun

 

Terakhir, Anda juga bisa menggunakan waktu di akhir tahun untuk melakukan pembelian saham. Akhir tahun ataupun akhir Desember seringkali dianggap sebagai waktu yang tepat untuk membeli saham baru.

 

Alasan dibalik adanya perkiraan waktu tersebut yaitu karena cukup banyaknya investor yang cenderung menjual sahamnya secara massal di akhir tahun. Karena para investor cenderung ingin mengklaim kerugian modal terhadap pengembalian pajak dari investasi saham.

 

Begitupun sebaliknya, sebagian besar investor menjadikan waktu di awal tahun sebagai waktu yang tepat pembelian saham. Hal tersebut disebut juga sebagai efek Januari atau January Effect. Karena sebagian besar awal tahun para investor akan kembali ke pasar ekuitas dengan semangat dan mendorong berbagai saham kecil dan bernilai.

 

Bagaimana, menarik bukan beberapa perkiraan waktu yang bisa Anda gunakan untuk membeli aset saham yang baru untuk lebih mudah mendapatkan keuntungan? Demikian ulasan singkat mengenai kapan rekomendasi waktu yang tepat untuk membeli saham, semoga bermanfaat.


Bagikan  
  33
0  Komentar

Beri Komentar & Nilai Artikel ini.

Email anda tidak akan ditampilkan

   Hubungi Kami