Detail Info Terkini

Bintraco Dharma (CARS) Siapkan Opsi Rights Issue

22 September 2022 | Kategori : Saham

PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (CARS) menyatakan tengah mempertimbangkan opsi penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.

Seperti diketahui, CARS tengah sibuk mencari investor baru setelah PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM) memilih mengurangi porsi kepemilikan sahamnya di perseroan. Senada, Paulus Totok Lusida sebagai Komisaris Utama Bintraco Dharma juga kembali melakukan penjualan sahamnya sebanyak 376,5 juta lembar saham CARS pada tanggal 12 September 2022.

“Ada rencana itu (rights issue) sebagai salah satu opsi, kita sudah bicara dengan beberapa investor strategis. Tapi, kita juga terikat dengan aturan lain yang ada. Jadi, itu bisa dipandang salah satu opsi saja. Apakah terjadi untuk penerbitan ekuitas baru atau rights issue yang baru, kita tunggu tanggal mainnya, kalaupun ada,” kata Direktur Utama Bintraco Dharma Benny Redjo Setyono dalam public expose insidentil, Kamis (22/9/2022).

Sebelumnya, ada info yang menyebutkan bahwa konsorsium Theodore Permadi (TP) Rachmat dan Garibaldi Tohir bersemi kembali melakukan aksi korporasi berupa penggabungan usaha dan akuisisi (merger and acquisition/M&A). Berita teranyar, menurut sumber, keduanya akan membeli saham CARS, yaitu main dealer mobil Toyota wilayah Jawa Tengah dan DIY yang terkenal dengan Nasmoco. 

“Transaksi ini ada di pemegang saham, bukan di Bintraco. Pemegang saham punya kewajiban di keterbukaan informasi BEI, nanti pas ada waktunya akan ada di keterbukaan masing-masing,” pungkasnya.

Investor Relations Bintraco Dharma Yosef menjelaskan, perseroan memang tengah menyiapkan kedatangan investor baru dalam waktu dekat ini. "Perihal kedatangan pemegang saham baru melalui TRIM, perseroan hanya dapat menyatakan bahwa kami hingga hari ini sedang berproses dengan beberapa calon investor strategis di mana proses komunikasinya sendiri ada yang telah berlangsung sejak tahun lalu," katanya.

Sebagai catatan, TRIM sejak awal 2019 telah terdaftar dalam DPS Perseroan. Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), TRIM tercatat menjual sahamnya pada 19 Agustus 2022 sebanyak 466.282.100 saham dengan harga Rp 51,34 per saham, dilanjutkan pada 22 Agustus 2022 sebanyak 232.000.000 saham dengan harga Rp 50 per saham.

Kemudian, pada 23 Agustus 2022, TRIM kembali menjual sebanyak 48.500.400 saham dengan harga Rp 53,21 per saham, pada 24 Agustus 2022 sebanyak 100.000.000 saham seharga Rp 59,20 per saham, dan pada 25 Agustus 2022 sebanyak 30.000.000 saham senilai Rp 65 per saham.

Penjualan saham CARS membuat jumlah kepemilikan saham TRIM menurun dari awalnya 18,01 persen dengan total 2,70 miliar saham menjadi hanya 12,17 persen atau 1,82 miliar saham.

Seperti diketahui, saat ini Trimegah telah beralih kepemilikan dengan pengendali terbesar adalah Garibaldi Thohir dan Pieter Tanuri yang pernah memiliki saham PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) dan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS).

CARS merupakan main dealer mobil Toyota wilayah Jawa Tengah dan DIY yang terkenal dengan Nasmoco. Toyota Nasmoco merupakan dealer terbesar dan banyak pembeli di Jawa Tengah dan DIY menggunakan jasa perusahaan pembiayaan.


Bagikan  
  16
0  Komentar

Beri Komentar & Nilai Artikel ini.

Email anda tidak akan ditampilkan

   Hubungi Kami